-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PASUKAN GAM KUASAI KOTA IDI

Monday, March 29, 2021 | 19:15 WIB Last Updated 2021-04-10T00:41:02Z
Gerakan Aceh Merdeka (GAM) menduduki kota kecil Idi Rayeuk di Aceh Timur selama 14 jam sejak Kamis (1/3) hingga Jumat (2/3) pagi. 

Anggota GAM yang bersenjata lengkap itu baru saja mundur ke perkampungan penduduk, sekitar pukul 08.00 Jumat pagi setelah diserang oleh pasukan besar TNI / Polri. Selanjutnya, untuk mempertahankan kota dari serangan pemberontak kembali dari GAM,aparat mengerahkan dua unit lapis baja dan satu helikopter.

Bendera GAM berwarna merah dan bertabur bintang terlihat berkibar di sepanjang 4 kilometer kota Idi Rayeuk di bawah kendali gerilyawan GAM. Bendera diikat pada tiang kayu di sepanjang jalan negara Medan - Banda Aceh. 

Selain itu, GAM juga membakar sejumlah bangunan seperti asrama tempat tinggal keluarga Polri dan kediaman keluarga petugas Lapas. Rumah Tahanan yang terletak di Desa Teupin Batee - sekitar 3 km dari pusat kota Idi -juga ikut terbakar.

GAM berhasil menduduki kota Idi Rayeuk hingga 14 jam, aparat keamanan khabar nya karena yang bertugas di sana sedang melakukan penyisiran di kampung-kampung setempat.

Oleh karena itu, ketika para gerilyawan AGAM memasuki kota dalam jumlah yang cukup banyak dengan persenjataan lengkap, aparat keamanan tidak mampu mengimbanginya.

Kota Idi Rayeuk hanya ditaklukkan kembali oleh aparat keamanan, setelah angkatan bersenjata atau polisi yang lebih besar dikerahkan ke sana.kontak senjata untuk beberapa waktu terjadi tanpa diblokir. 

Pihak berwenang mendapatkan kembali kendali atas kota tersebut setelah berhasil merebut kembali dar GAM.ft adalah pasukan moro.diambil dari internet


Facebook  adi Fa