Notification

×

Iklan

FOTO KEGIATAN

Indeks Berita

HABIB MUSTAFA

Senin, 19 April 2021 | 04:08 WIB Last Updated 2021-04-18T21:08:23Z
Tak banyak yang tau bahwa di Kec . Sawang Aceh Selatan tepatnya di pegunungan Panton Luas ada sebuah makam manusia pilihan dan juga merupakan keturunan Rasulullah SAW yang masyhur  dengan HABIB MUSTAFA.

Mengenai profil beliau secara pasti kami tidak menemukan , namun konon kabarnya beliau merupakan salah seorang pahlawan yang melawan penjajah Belanda . Sehingga tak dapat di pungkiri penyebab makam beliau jauh dari pemukiman penduduk adalah hampir sama dengan kisah pahlawan nasional Teuku Umar Djohan Pahlawan MBO yg jasadnya dibawa oleh anak buahnya untuk di makamkan disuatu tempat yg tidak diketahui belanda ,, begitu juga yang berlaku dengan HABIB MUSTAFA. ( Menurut cerita yang beredar ).

Yang sangat menarik dari kisah beliau yg kami dapatkan yaitu ketika beliau hendak dimakamkan kayu untuk papan keranda tidak ada , namun murid2 / para pejuang yang membawa jasad beliau mengambil sebelah pohon yang masih tegak hidup untuk di jadikan  keranda , yang anehnya pohon sisa yg di ambil untuk keranda beliau masih tegak kokoh sampai sekarang , apakah ini sebuah kebetulan atau satu bukti keramah beliau ? Wallahu 'Alam.

Juga menurut kabar yang kami terima makam beliau dijaga oleh seekor harimau ( Khadim makam ),kami sendiri yakin beliau adalah seorang waliyullah.
Untuk mengenang beliau sebagai orang yang berjasa , terutama dedikasinya terhadap perjuangan melawan penjajah maka masyarakat menyematkan nama beliau kepada sebuah jalan yaitu jalan lintas empat desa ( Sikulat , Trieng Meuduro Baroh , Trieng Meuduro Tunong dan Panton Luas ) dengan Jl.Habib Mustafa

Note : Kami mohon kepada saudara2 kiranya memberi sejarah HABIB MUSTAFA dari sumber yang valid .🙏🙏🙏

Penulis : Edi Rusyadi