-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Siapa dan apa Uleebalang

Saturday, May 29, 2021 | 18:47 WIB Last Updated 2021-05-29T11:47:35Z


Uleebalang adalah yang dipertuan di negerinya masing-masing dan merupakan kepala wilayah par excellence. Mereka disebut raja di negerinya masing-masing. Uleebalang dalam teorinya berperan sebagai perpanjangan tangan atau pejabat dari Sultan Aceh yang memimpin berbagai negeri yang berada dalam naungan Kesultanan Aceh Darussalam.

Uleebalang dalam bahasa Aceh memiliki arti yang sama dengan Hulubalang dalam bahasa Indonesia yang berarti kepala laskar atau pemimpin pasukan. Pada masa dahulu di Aceh bermakna panglima tentara yang diberikan kepada syahbandar paling berkuasa, dimaksudkan untuk membawahi rakyat dan memimpin prajurit di bawahnya.

Peran pemimpin pasukan ini bergeser seiring dengan melemahnya kesultanan Aceh terutama kekuatan armada laut, sehingga pada masa-masa kemunduran hanya menjadi penguasa teritorial. Selanjutnya para Uleebalang diserahi tugas mengepalai nanggroe (negeri/kerajaan kecil) oleh Sultan Aceh. Dalam adat Meukuta Alam disebutkan bahwa seorang Uleebalang diangkat berdasarkan pertimbangan mewarisi kedudukan leluhurnya, meski begitu mereka juga mendapat surat pengangkatan sebagai raja dari Sultan Aceh sebagai penghargaan atas kedudukan mereka.

Copas fb