-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pentingnya Aktualisasi Inovasi Generasi Muda Menuju Indonesia Jaya

Monday, September 20, 2021 | 08:57 WIB Last Updated 2021-09-20T02:06:55Z
BIREUEN-Sejarah suatu bangsa pasti dimulai dengan cerita tentang peran besar para pemuda. Baik itu gerakan sebuah revolusi ataupun sebuah gerakan reformasi, maka pemuda selalu menjadi pokok utama dalam sejarah yang senantiasa hadir ketika suatu bangsa membutuhkan suatu ide besar dalam perjuangannya. Ide besar yang muncul dari sebuah aspirasi pemuda kemudian menjadi inspirasi murni yang keluar dari akal dan nurani oleh setiap pemuda. Inspirasi besar yang memunculkan ide-ide besar kemudian pada akhirnya menghasilkan gerakan besar untuk mengubah sejarah suatu bangsa. Aktualisasi pemikiran mereka tidak hanya memulai perubahan, tapi juga mengisi perubahan itu dan menuntaskannya. Maka dari itu, sepertinya wajar jika di katakan bahwa takdir sejarah senantiasa berada di tangan para pemuda.

Pernyataan ini mendorong kita untuk memperhatikan eksistensi pemuda di masa yang akan datang, karena dengan melihat semua fakta kita sadar, betapa pentingnya peran pemuda untuk masa depan suatu bangsa, pemuda juga dianggap melambangkan semangat yang tidak pernah redup, dan pemuda dianggap melambangkan kekuatan yang tidak pernah luntur.

Pemuda sebagai agen perubahan hal tersebut merupakan suatu keniscayaan. Bahkan di dalam setiap perjalanan sejarah bangsa-bangsa di dunia, telah tercantum beragam peran para pemuda tangguh dalam gerakan perubahan menuju kejayaan bangsa. Pemuda sebagai penerus perjuangan serta penggerak menuju perubahan suatu bangsa.  Seorang agen perubahan adalah seorang individu yang memengaruhi individu atau kelompok dalam mengambil keputusan inovasi agar sesuai dengan yang diharapkan oleh agen perubahan itu sendiri. Seorang agen perubahan biasanya mengadopsi  sebuah ide baru, tetapi dia juga dapat memperlambat proses difusi dan mencegah suatu adopsi dari inovasi dengan efek yang tidak diharapkan. Oleh karena itu pemuda harus memenuhi kriteria tersebut.

Pemuda mempunyai potensi besar untuk perubahan. Maka sangat sesuai apabila tugas tugas besar diamanahkan ke tangan para pemuda. Sejarah telah membuktikan betapa para pemuda telah mampu mensukseskan berbagai agenda besar serta mampu mewarnai dunia. Seperti halnya posisi pemuda sekarang yang sangat berpengaruh di negara ini. Sudah saatnya kita pemuda bangun dari mimpi yang lama akan kehancuran bangsa, sudah saatnya pemuda saat ini bergerak demi perubahan  menjadi lebih baik lagi. Semua pemuda seharusnya memikirikan kondisi dan status bangsa yang kini di ambang kehancuran demi terjaganya masa depan penerus yang nantinya akan melanjutkan perjuangan kita sekarang.

Pemuda juga sebagai pedang yang akan membela serta berkorban demi masa depan generasi penerus serta bangsa ini dari setiap gangguan dan ancaman yang akan datang. Pemuda harus bisa menjadi yang terdepan, karena semua pemuda adalah penerus generasi bangsa, penerus generasi bangsa adalah pemimpin-pemimpin bangsa kedepannya. Sukses atau gagalnya negeri ini semua tergantung pada pemuda sekarang. Mereka mau bangkit dari kegagalan untuk mencapai kesuksesan dengan gerakan perubahan atau hanya bisa diam tanpa perlawanan dan terbelenggu dalam kehancuran. 

Jadilah pemuda yang peduli, peduli akan setiap aspek dan tatanan negeri ini. Seorang pemuda juga harus bisa memberikan solusi tentang persoalan dan ketimpangan sosial di lingkungakannya. Sebab, kepedulian itulah yang akan menjadikan seorang pemuda ini, sosok yang tangguh dan bijaksa, serta  menjadikan posisi pemuda sangat berpengaruh akan perubahan bangsa. Seorang pemuda harus dekat dan peduli dengan masyarakat sekitar. Selain itu, pemuda juga harus bisa memberikan solusi terhadap problematika di masyarakat, pemuda harus bisa berada di tengah-tengah, tidak memihak dan berpihak kepada suatu golongan atau perorangan, generasi muda harus ikut berkontribusi dalam setiap pergerakan yang positif.

Bentuklah karakter kepemimpinan yang tangguh, jiwa sosial yang tinggi, penuh dengan segala pencapaian prestasi, dan tanamkan sejak dini atas semua kebaikan, etika, sopan santun, semua itu untuk mencerminkan sifat dan karakter seorang pemuda yang layak untuk menjadi pemimpin bangsa kedepannya agar layak menjadi panutan serta contoh bagi setiap generasi muda kedepannya yang akan melanjutkan sistem pemerintahan serta perjuangan demi tercapainya tujuan menuju Indonesia jaya.