-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Wah, Ini Mafaat Bayam Merah yang Jarang Diketahui

Sunday, October 17, 2021 | 22:03 WIB Last Updated 2021-10-17T15:04:03Z
Bayam merah atau yang biasa dikenal dengan bayam cina.Merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi.Dan bayam merah juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta melawan penyakit kanker,dan dapat juga mengontrol kadar kolesterol dan gula darah,meningkatnya kekebalan tubuh.

Ciri-ciri bayam merah yaitu berdaun tunggal dan berstruktur lunak.Daunnya berbentuk bulat telur yang ujungnya agak meruncing dan berwarna kemerahan dibagian pinggir dan bagian tengah daun.Bagian batangnya lunak dan berwarna hijau kemerah-merahan.Bunga bayam merah berukuran kecil mungil yang keluar dari sela ketiak daun.Buahnya tidak berdaging dan bijinya terlalu banyak,sangat kecil,bulat dan mudah pecah.
Tanaman ini dapat dibudidayakan didaerah yang beriklim panas maupun dingin.Namun,bayam merah tumbuh subur didaratan rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas.Bayam merah membutuhkan waktu panen 20-25 hari sejak ditanam.

Cara mengelola bayam merah dengan cara direbus atau ditumis.Jika salah dalam memasaknya maka menjadi mengurangi nutrisi pada bayam merah,dan berubah menjadi racun pada kesehatan.Dan ada juga yang mengonsumsinya dengan membuat jus yang ditambah dengan satu sendok makan madu murni dan diminum setiap hari,bagi yang menderita anemia.
Perlu diperhatikan juga bahwa sebaiknya tidak mengonsumsi bayam merah terlalu berlebihan.jika terlalu banyak dikonsumsi dapat terjadi gangguan pada kesehatan, seperti sakit perut dan diare.

penulis : Maryamah