-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mahasiswa KKN K029 Memanfaatkan Sekam Padi Dalam Budidaya Tanaman Hortikultura

Thursday, November 18, 2021 | 14:14 WIB Last Updated 2021-11-18T07:14:12Z

Mahasiswa KKN K029 Memanfaatkan Sekam Padi dalam Budidaya Tanaman Hortikultura di Dusun V Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Sabtu (18/11/2021

Ketua KKN, Alfandy Pramana Suni mengatakan, di musim panen padi ini membuat banyak sekali sekam atau sisa dari penggilingan padi yang tidak digunakan. Sehingga, pemanfaatan sekam tersebut menjadi ide program kerja mereka.
Devi Andriyani,S.P., M.Si dosen pendamping lapangan mahasiswa KKN disana sangat mendukung program kerja mereka dikarenakan ide kreatif mereka memanfaatkan limbah menjadi barang bernilai ekonomis.
Bersama anak-anak di Dusun V, Desa Tambon Tunong mereka menanam tanaman kangkung dan bayam dengan media tanam sekam padi di dalam polibag.

 “Menanam sayuran ini, memberi contoh untuk pemanfaatan sekam dan juga mengajak anak-anak di dusun tersebut untuk lebih peduli dalam mencintai lingkungan disekitarnya,” ungkap  cindi apriliani Anggota KKN

Selain pemanfaatan sekam padi, penanaman dengan menggunakan polibag juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang memiliki perkarangan yang sempit. Melalui pembudidayan sayuran dalam polibag ini kedepannya dapat menghilangkan persepsi bahwa bertani harus memiliki lahan yang luas, padahal sejatinya tidak demikian. Imbuh Sri Hartini Rizki anggota kelompok 29 KKN unimal lainnya.

Kepala Dusun V Tambon Tunong yaitu  Bapak Anwar menyambut baik program kerja mahasiswa KKN K029 dan berharap mahasiswa KKN 029 dapat lebih memperkenalkan pengetahuan lainnya dalam pemanfaatakan sekam padi kepada warga.