-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mahasiswa KKN-PPM Kelompok 249 Unimal Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik

Friday, November 26, 2021 | 13:53 WIB Last Updated 2021-11-26T06:53:26Z
Mahasiswa Universitas Malikussaleh melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 249 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Anorganik di Sekolah Dasar Negeri 3 Simpang Keramat, Jum’at (19/11/2021).
Mahasiswa yang terlibat dalam kelompok 249 tersebut adalah Muhammad Nazaruddin (Manajemen), Gunawan (Agribisnis), Romi Ardiansyah (Agribisnis), Ardiansyah (Agribisnis), Firhan as'ary fuad (Teknik Elektro), Afriyana (Manajemen), Isna Malinda (Manajemen), Elvin Devira (Agribisnis), Haryani Sinaga (Agribisnis) dan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan ( DPL) Veri Ilhadi, S.T., M.Kom.
Sampah merupakan barang yang tidak dipakai lagi, baik itu berupa sisa makanan maupun barang-barang lain yang tidak digunakan lagi. Sosialisasi mengenai pemilahan sampah ini penting dilakukan, karena apabila pengelolaan sampah dilakukan dengan benar maka dapat mengurangi jumlah sampah yang terus bertambah, mengubah hidup dan lingkungan menjadi lebih sehat, dan proses daur ulang nya menjadi lebih mudah.
“Tujuan Kami melaksanakan sosialisasi ini adalah untuk mengenalkan kepada mereka tentang sampah sejak usia dini, Sehingga dapat menumbuhkan kesadaran mereka untuk membuang sampah pada tempatnya.” Kata Muhammad Nazaruddin
Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu menjelaskan tentang jenis-jenis sampah, perbedaannya dan contohnya, serta manfaat yang bisa dilakukan dari pemilahan sampah tersebut.
Pemberian materi disampaikan oleh Afriyana, Elvin Devira dan Haryani Sinaga. Dan mendapatkan sambutan yang baik dari siswa-siswi SD Negeri 3 Simpang Keramat, mereka sangat semangat dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta KKN.
Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Veri Ilhadi S.T., M.Kom ikut memberi masukan agar melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kita semua, seperti membagikan ilmu-ilmu yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Acara kegiatan berjalan sukses, para dewan Guru yang hadir pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Para siswa-siswi mengikuti kegiatan dengan tertip, dan mendengarkan materi-materi yang disampaikan sampai selesai acara.
“Terimakasih adik-adik semua atas ilmu yang telah diberikan, dan semoga semuanya sukses”. Ucap Ibu Idayanti, S.Pd, salah satu dewan guru di SD Negeri 3 Simpang Keramat.