-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tim Lppm unimal Sosialisasi Terkait Dampak Buruk Gulma Terhadap Tanaman Dan Lingkungan

Thursday, November 25, 2021 | 23:41 WIB Last Updated 2021-11-25T16:41:45Z
Aceh utara, Tim pengabdian kepada masyarakat Lppm unimal yang diketuai oleh Fanny Nailufar,S.E., M.Si melakukan sosialisasi terkait dampak buruk gulma terhadap tanaman dan  lingkungan kepada buruh tani wanita di desa reuleut Timu kecamatan muara batu kabupaten Aceh Utara. selain melakukan sosialisasi, mereka juga mengadakan pelatihan menganyam gulma eceng gondok dan pelatihan e.commerce kepada buruh tani wanita disana.

"kegiatan ini didasari oleh banyak nya gulma eceng gondok di daerah tersebut yang mengganggu pertumbuhan tanaman utamanya, padahal jika dimanfaatkan dengan benar, gulma tersebut juga dapat bernilai ekonomis" imbuhnya.

"Selain itu, rendah nya upah buruh tani wanita dan beratnya pekerjaan sebagai buruh tani bagi kaum wanita mendorong kami melakukan kegiatan ini, agar para buruh tani wanita memiliki skill dan memaksimalkan kreatifitas nya agar tetap dapat membantu menambah pendapatan keluarga" tambah Devi Andriyani, M.Si anggota tim pengabdian. 

Pelatihan menganyam eceng gondok menjadi barang2 seperti alas piring, taplak, tas dan pernak-pernik rumah tangga lainnya, dihadiri oleh 25 orang buruh tani wanita dan 5 remaja putri.  

Selain mengadakan pelatihan dan sosialisasi, tim PKM juga memberikan motivasi tentang pentingnya wanita mengasah dan menambah skill serta kreativitas untuk tetap membantu menambah pendapatan keluarga tanpa harus bekerja keras tapi cukup Bekerja cerdas dengan memanfaatkan media sosial dan e.commerce .

Nuramlah salah satu peserta pelatihan merasa sangat puas dengan kegiatan yang telah dilakukan. "Hari ini saya mendapat banyak ilmu, terimakasih banyak kepada ibu dosen yang telah peduli kepad kami" ujarnya.