-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ubah Mindsetmu, Supaya Berubah Duniamu

Rabu, 29 Desember 2021 | 22:39 WIB Last Updated 2021-12-29T15:39:11Z

Manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk sempurna, salah satunya yaitu memiliki akal. Disebutkan dalam Firman Allah : _Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.(QS An -Nahl : 78)_ 
Artinya, Allah memerintahkan manusia untuk berpikir atau menggunakan akalnya supaya cerdas dan menghasilkan pemikiran yg bermanfaat dan berguna bagi diri sendiri maupun bagi umum. 
Bahkan jika akal kita tidak digunakan untuk berpikir, niscaya mudah rusak dan tidak berguna apa-apa. 

Mindset atau disebut juga dengan pola pikir merupakan berbagai pemikiran yang terbentuk sesuai dengan pengalaman atau apa yang diyakininya  dan dapat mempengaruhi perilaku atau cara berfikir seseorang dalam menentukan sikap. 

Mindset yang baik akan menarik hal-hal yang positif, sedangkan mindset negatif akan menarik hal-hal yang negatif juga. Sayang nya banyak orang yang masih belum faham atau mengacuhkan tentang mindset. Padahal didalam mindset yang baik, tersimpan rahasia yang besar. 

Jika pikiran dan perasaan kita selalu digunakan untuk berpikir atau berprasangka yang positif, dengan sudut pandang positif, dengan kosa kata positif seperti kata hebat, bisa, yakin, bahagia, menakjubkan, maka tanpa kita sadari nasib dan kehidupan kita cenderung bergerak ke arah itu. Sebaliknya, jika pikiran kita dipenuhi mental negatif dan kosa kata negatif seperti mengeluh, kacau, bete, stres, gagal, marah, atau menyalahkan pihak lain, bisa jadi nasib dan kehidupan kita tidak akan berubah atau justru akan berubah mengalami keterpurukan 

Selain mindset positif atau pola pikir positif, perlunya juga action positif. Karena kesuksesan sejati hanya dapat diraih berawal dari mindset yang positif. Bentangkan dan berikan tindakan positif, maka Anda akan menerima yang positif. Sebaliknya, jika membentangkan dan memberikan hal-hal atau tindakan yang negatif, maka kita akan mendapatkan yang negatif. 

Bukan kah Allah itu sesuai prasangka hamba-hambaNya? Dari Abu Hurairah RA Rasulullah Salallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda “Allah ‘azza wajalla berfirman; Aku sebagaimana prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya selama ia berdoa kepada-Ku (HR Bukhari dan Muslim). 
Maka sudah semestinya kita selalu berprasangka baik kepada Allah. Jika kita yakin bahwa kita mampu karena Allah, maka Allah akan titipkan potensi yang besar kepada kita. Ubahlah mindset kita, maka dunia akan mudah kita ubah dengan izin Allah.