-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ular Phyton Berhasil diamankan Warga

Jumat, 03 Juni 2022 | 20:56 WIB Last Updated 2022-06-03T13:56:52Z


Aceh Utara, Seekor ular jenis Sancha atau Phyton, berhasil diselamatkan setelah tersangkut di jaring pagar milik warga. Diperkirakan, hewan melata ini memiliki ukuran sekitar 2,5 meter.

Temuan ini berlangsung di Desa Seuneubok Baro, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, pada Rabu (01/06/2022) dinihari pukul 00:30 WIB. Ular itupun langsung diselamatkan dari jeratan jaring.

Warga setempat, Chairul Sya'ban (33), mengatakan, awalnya ia dihubungi salah seorang warga yang memberitahunya ada seekor ular Phyton tersangkut di jaring pagar. 

"Saat saya tiba di lokasi, ular tersebut telah berhasil diselamatkan oleh empat orang warga. Diduga hewan melata itu hendak memangsa ternak warga, akan tetapi duluan tersangkut," ujar Chairul.

Disebutkan, setelah diselamatkan dari jeratan jaring ular ini sempat dicek kondisinya. "Kondisi sempat lemah karena kemungkinan lama tersangkut di jaring, belakangan kembali agresif," imbuh Chairul.

"Setelah dicek kondisinya, ular yang tidak memiliki bisa itu dimasukkan ke karung, lalu dilepasliarkan kembali ke tempat yang aman dan jauh dari pemukiman penduduk," imbuhnya lagi.

Sebagaimana diketahui, Chairul Sya'ban merupakan jurnalis yang selama ini kerap memberitakan isu-isu lingkungan dan satwa. Bahkan, ia sendiri memiliki channel youtube pribadi yang berisi conten satwa sebagai bentuk edukasi.

Dalam hal ini ia menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati jika bepergian ke kebun apalagi jika kebunnya semak. Untuk ular Phyton, sebut dia, tidak memiliki bisa, namun melumpuhkan lawannya dengan cara menggigit dan melilit. ***

sumber SatuAcehNews