Notification

×

Iklan

FOTO KEGIATAN

Indeks Berita

Ini Buku Kesembilan Tgk. Joel Buloh

Minggu, 28 Agustus 2022 | 23:48 WIB Last Updated 2022-08-28T16:48:59Z

Aceh Utara - Ustaz Zulkifli S.Pd.I., M.Pd, atau sering disapa Tgk. Joel Buloh merupakan guru MTsN 6 Aceh Utara dan putra asli Buloh Blang Ara menulis buku fiqih yang berjudul "Problematika Fiqhiyah dan Solusinya".

"Alhamdulillah bersyukur kepada Allah, dengan izin-Nya saya sudah bisa menerbitkan buku hasil karya saya yang kesembilan dengan judul Problematika Fiqhiyah dan Solusinya," ujar Tgk. Joel Buloh sapaan akrabnya kepada media ini, Sabtu (27/08/2022). 

Dirinya berharap, untuk tidak puas sampai disini, namun terus dapat berkarya dan semoga bisa menerbitkan buku karangan hasil karyanya selanjutnya. 

Selain itu, buku yang merupakan ke sembilan dari hasil karangannya ini, sekaligus juga merupakan sebagai kado ulang tahun ke 42 dirinya, yaitu bertepatan pada 22 Agustus 2022 kemarin.

Buku "Problematika Fiqhiyah dan Solusinya" ini memuat 68 masalah fiqih yang sering dalam kehidupan sehari-hari kita.

Selain pembahasan fiqih yang akurat dalam buku ini dari 30 referensi kitab-kitab mu'tabar, juga ditahqiq oleh 6 ulama Aceh, yaitu Dr. Tgk. H. Muhammad Zukhdi, Lc, MA (Baba Zukhdi) pimpinan dayah Babussalam Alue Bili Rayeuk Aceh Utara, beliau merupakan anak alm Abi Karimuddin. 

Tgk. Ibnu Hajar (Ayah Hajar Panton), Sekretaris Umum dayah Malikussaleh Panton Labu Aceh Utara. Tgk. Rusli Daud, S. HI, M.Ag (Waled Rusli), pimpinan dayah Mishrul Huda Malikussaleh Lamjamee Banda Aceh. 

Kemudian Tgk. Nashiruddin (Waled Blang Riek), pimpinan dayah Darul Falah Kuta Makmur. Tgk. Zakaria, S. HI (Abi Zakaria), guru dayah Malikussaleh Panton Labu dan juga Wadir III Ma'had 'Aly Malikussaleh Panton Labu Aceh Utara, dan Dr. Tgk. Mannan, M. Ed (Doktor Mannan), pimpinan dayah Takwinul Mumtazi Sampoinit Aceh Utara.

Selain itu, buku tersebut di edit oleh ulama muda dan juga cendikiawan akademisi UIN Ar Raniry Dr. Tgk. Teuku Zulkhairi, MA.

Buku Problematika Fiqhiyah dan Solusinya merupakan salah satu buku dalam khazanah ilmu fiqih yang cocok dijadikan bacaan setiap Siswa, Santri, Mahasiswa, Guru, Tokoh Masyarakat dan khalayak umum, karena banyak masalah-masalah fiqih yang dibahas didalamnya, juga dilengkapi dengan teks matan kitab.

Tgk. Joel Buloh yang juga pimpinan dari Balai Pengajian Al-Alif Makikussaleh di Gampong Lhok Jok Kec. Kuta Makmur ini juga berharap, semoga buku ini menjadi salah satu referensi bacaan umat Islam khususnya dalam dunia pendidikan dan bacaan setiap keluarga. 

"Semoga buku ini bermanfaat dunia dan akhirat, dan semoga ilmu dalam buku ini sampai fahala kepada almarhum Abi dan Mak (kedua orang tua) saya," tuturnya. (Murhaban)