Notification

×

Iklan

FOTO KEGIATAN

Indeks Berita

MARI BERSADAKAH

Jumat, 18 Agustus 2023 | 13:07 WIB Last Updated 2023-08-18T06:07:48Z
Rasulullah Bersabda :
*“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.”* 
(HR. Muslim) .
==============

*"Sedekah Merupakan Salah Satu Amal Ibadah Yang Sangat Disukai Allah Swt."* 
(Mohon maaf jika materi Kultum Subuh ini dirasakan terlalu panjang).

Saudaraku Seiman yang dirahmati Allah , 
Ada banyak ayat Alquran dan hadits tentang sedekah dan keutamaannya. 
Disebutkan bahwa pintu surga pun terbuka bagi orang - orang yang ikhlas mendermakan hartanya di jalan Allah maupun untuk membantu sesama yang sedang kesusahan.
Mengapa Allah dan Rasulullah Saw memerintahkan umatnya untuk bersedekah? Sebab, di dalam sedekah itu tertanam berlipat-lipat pahala. 
Allah memberikan ganjaran dan menyayangi umatnya yang peduli terhadap sesama.

Saudaraku Seiman  yang insya Allah selalu berada dalam naungan rahmat dan hidayah Allah Swt. 
Tak henti-hentinya kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah Swt yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam; karunia yang teramat besar yang Allah karuniakan kepada hamba - hamba-Nya. Semoga kita selalu termasuk yang mendapatkan hidayah-Nya serta berada dalam keadaan Iman dan Islam hingga akhir hayat kita.

Dan tentunya kita bersyukur kepada Allah atas nikmat berbagai kehidupan yang masih diberikan kepada kita. Sehingga pada kesempatan ini kita masih dapat beribadah kepada-Nya, dapat mengingat- Nya, serta memuji - Nya.

Pada kesempatan yang mulia ini, terlebih dahulu marilah kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt, taqwa dalam arti senantiasa berupaya dan berusaha untuk selalu menghadirkan Allah dalam setiap situasi dan kondisi dengan cara senantiasa berdzikir dan melaksanakan segala perintah- Nya. 

Sholawat serta salam semoga selalu tercurah tak henti-hentinya kepada Nabi Muhammad Saw beserta keluarganya, para sahabatnya serta kaum muslimin sampai akhir zaman .

Saudaraku Seiman yang dirahmati Allah Swt ,
Dalam Kultum Subuh  ini, marilah kita memperbanyak amal ibadah salah satunya gemar bersedekah. Terlebih di masa setelah pandemi saat ini, banyak saudara- saudara kita yang kesulitan ekonomi. 
Karena itu, bagi yang mampu untuk membantu dengan memberikan sedekah.

Sedekah atau shodaqoh berasal dari kata "shadaqa" yang artinya jujur, benar, memberi dengan ikhlas. 
Ini mengisyaratkan bahwa orang - orang yang bersedekah berarti telah berlaku jujur kepada dirinya sendiri mengenai kelebihan yang telah di berikan oleh Allah.

Sedekah meliputi sedekah wajib zakat dan sedekah sunnah atau sedekah spontan dan sukarela yang sama artinya dengan infak.

Allah Swt berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan Allah dan Rasul-Nya baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah peminjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan pembayarannya kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak. 
(QS. Al hadid: 18).

Bersedekah tidak mengenal waktu. Dalam artian, tidak harus menunggu saat sudah kaya atau sukses karena akan datang penyesalan kelak jika ajal menjemput.

Dalam Alquran, Allah Swt berfirman: 
"Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata,:
"Ya Tuhanku, mengapa Engkau tidak menangguhkan kematianku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang sholeh.” 
(QS. Al- Munafiqun: 10).

Menukil Kitab Tafsir Ibnu Katsir, dalam ayat tersebut, Allah Swt mengingatkan setiap orang yang melalaikan kewajiban pasti akan merasa menyesal di saat meregang nyawanya, dan meminta agar usianya diperpanjang sekalipun hanya sebentar untuk bertobat dan menyusul semua amal yang dilewatkannya termasuk bersedekah. Tetapi alangkah jauhnya, karena nasi telah menjadi bubur, masing- masing orang akan menyesali kelalaiannya.

Saudaraku Seiman  yang dirahmati Allah Swt ,
Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw pun pernah bersabda tentang penyesalan bagi orang yang lalai bersedekah.
Telah menceritakan kepada kami Abu Hurairah Ra berkata,: 
"Seorang laki-laki datang kepada Nabi dan berkata,: 
"Wahai Rasulullah, shodaqoh apakah yang paling besar pahalanya?". Beliau menjawab: "Kamu bershodaqoh ketika kamu dalam keadaan sehat dan kikir, takut menjadi faqir dan berangan - angan jadi orang kaya. Maka janganlah kamu menunda - nundanya hingga tiba ketika nyawamu berada di tenggorokanmu. Lalu kamu berkata, si fulan begini/punya ini dan si fulan begini. 
Padahal harta itu milik si fulan". 
(HR. Bukhari) .

Dalam hadits lain disebutkan:
Telah menceritakan kepada kami Mabad bin Khalid berkata: 
Aku mendengar Haritsah bin Wahab berkata; Aku mendengar Nabi Saw bersabda: "Bershodaqolah, karena nanti akan datang kepada kalian suatu zaman yang ketika itu seseorang berkeliling dengan membawa shodaqohnya namun dia tidak mendapatkan seorangpun yang menerimanya. Lalu seseorang berkata,: "Seandainya kamu datang membawanya kemarin pasti aku akan terima. Adapun hari ini aku tidak membutuhkannya lagi". 
(HR. Bukhari) .

Saudaraku Seiman yang dirahmati Allah Swt ,
Dari ayat Alquran dan hadits di atas mengajarkan bahwa Muslim sudah semestinya selalu bersedekah sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya baik di kala lapang maupun sempit. 

Sedekah memiliki banyak keutamaan, 5 di antaranya adalah  :

> 1. Mencegah kematian buruk, meredam murka Allah dan menutup pintu keburukan.
Orang yang suka bersedekah akan dilindungi oleh Allah Saw dari kematian yang buruk. 

Hal ini sesuai sabda Rasulullah Saw:
Nabi Muhammad Saw bersabda : "Sedekah itu bisa mencegah kematian buruk".

> 2. Bersedekah selain mendatangkan pahala berlipat, juga menghindari murka Allah.

Nabi Muhammad Saw bersabda : "Sedekah sirri atau secara rahasia memadamkan murka Allah dan sedekah secara terang-terangan merupakan perisai dari neraka”.
Dalam hadits lain juga disebutkan keutamaan sedekah akan didoakan Malaikat

Dari Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Saw bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun datang dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata : 
"Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; 
"Ya Allah berikanlah kehancuran /kebinasaan kepada orang yang menahan hartanya atau bakhil ". 
(HR. Bukhari) .

> 3. Sedekah juga bisa menolak bala. Orang yang suka bersedekah hidupnya insyaallah akan dijauhkan dari marabahaya dan dipanjangkan umurnya dalam artian hidupnya dipenuhi keberkahan.

Nabi Muhammad Saw bersabda: “Sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur”.

> 4. Sedekah juga akan menambah kemuliaan dan derajat seseorang.

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. 
Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya." 
(HR. Muslim) .

> 5. Terakhir, sedekah akan menjaga seseorang dari siksa api neraka. Rasulullah Saw bersabda:
Dari Adi bin Hatim mengatakan, Nabi Saw bersabda:
"Jagalah diri kalian dari api neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma." Kemudian beliau berpaling dan menyingkir, kemudian beliau bersabda lagi:
"jagalah diri kalian dari neraka", kemudian beliau berpaling dan menyingkir tiga kali hingga kami beranggapan bahwa beliau melihat neraka itu sendiri, selanjutnya beliau bersabda:
"Jagalah diri kalian dari neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma, kalaulah tidak bisa, lakukanlah dengan ucapan yang baik." 
(HR. Bukhari) .
 
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah ,
Demikianlah Kultum Subuh ini 
Semoga bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua, serta bisa menjadi penyebab kita untuk meningkatkan ibadah, ketaqwaan, keimanan, dan menjauhi segala larangan. 
Wa billahit taufik wal hidayah. Wassalamual
aikum warahmatullahi wa barokatuh.
💫🕌🕋🇮🇩



*#KULTUM SUBUH - 1213#*

Jumat , 18 Agustus 2023 .
( 01 Saffar  1445 H) .