Notification

×

Iklan

FOTO KEGIATAN

Indeks Berita

Sejarah Pekan kebudayaan Aceh

Minggu, 05 November 2023 | 23:24 WIB Last Updated 2023-11-05T16:42:59Z
Aceh daerah modal bagi Indonesia, beragam gagasan lahir untuk persatuan dan kesatuan antar sesama, sehingga para leluhur memikirkan dan melahirkan Pekan kebudayaan Aceh ke 1 yang diselenggarakan pada 12-23 Agustus 1958.

Peken kebudayaan Aceh Dilaksanakan dalam masa  kepemimpinan Gubernur. Hasjmy, dimana masa itu memiliki semangat pemulihan luka perang dan konflik DI/TII di waktu itu. 




Sejarah panjang PKA Ini lahir dari  gagasan besar para umara waktu itu di Provinsi Aceh untuk merawat kebudayaan lintas daerah, dimana  kegiataan kebudayaan Aceh yang besar dan rutin sampai hari ini masih di lakukan .guna Para generasi harus ingat bahwa PKA lahir bukan baru, dan PKA  pertama sekali pada tahun 1958. Namanya Pekan Kebudayaan Aceh. 

Dan Di setiap kegiatan PKA terlihat indah karena sejarah panjang dimana  PKA pertama Berhasil menggali 20 seni tradisi dan kreasi. Termasuk Ranub Lampuan dan Punca Utama. Ini butuh perjuangan dan perjalanan panjang. 

Oleh karena itu hasil kepedulian dan kekompakan para dahulu PKA pertama kali Dibuka oleh Ketua Umum PKA 1 Mayor T. Hamzah di Balai Teuku Umar Koetaradja atau Banda Aceh. Ditutup Menteri P dan K Prof. Dr. Prijono.

Semoga PKA ini terus kita rawat dengan baik agar semua kebudayaan 23 Kabupaten kota bisa kita lihat dan kenal dan di wariskan pada generasi muda selanjutnya. 

Dan tahun 2023 PKA sudah ke 8.