-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Gunakan Aplikasi ini untuk Pelacakan Kontak Covid-19

Tuesday, August 25, 2020 | 16:39 WIB Last Updated 2020-10-07T14:45:16Z
Mari peduli, lindungi, bantu hentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Kementerian Komunikasi dan Informasi merilis aplikasi PeduliLindungi pertama kali di PlayStore pada Tanggal 28 Maret 2020 dan Aplikasi LindungiPeduli ini sudah di Update pada 21 Juli 2020 di PlayStore.

Adapun Cara kerja applikasi PeduliLindungi milik Kementerian Kominfo ini yaitu :


1. Pada saat pengguna mengunduh PeduliLindungi, aplikasi akan meminta persetujuan pengguna untuk mengaktifkan bluetooth pada ponselnya.

2. Dengan kondisi bluetoothk aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi ponsel pengguna PeduliLindungi lainnya, yang berada di radius bluetooth, dengan menggunakan scanning bluetooth untuk merekam lokasi dan waktu kontaknya.

3. Ponsel-ponsel yang berdekatan kemudian akan saling merekam ID anonim masing-masing. Data ID anonim tersebut akan disimpan dalam rentang waktu 14 hari. Sehingga, apabila ada seseorang yang dinyatakan sakit oleh petugas kesehatan (bukan oleh aplikasi) dan diinputkan ke sistem database, maka sistem akan memfilter ID-ID anonim lain yang terekam pernah melakukank ontak dalam waktu 14 hari terakhir.

4. Kemudian, petugas kesehatan dapat menghubungi pengguna ponsel lain yang ada dalam riwayat kontak tersebut untuk mengingatkan risiko kontak yang pernah terjadi.

5. Informasi riwayat kontak ini yang akan dipakai untuk melakukan tracing saat salah satu dari pengguna dinyatakan positif COVID-19.

6. Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan.

7. Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, akan semakin besar pula partisipasi PeduliLindungi

Sekilas tentang Applikasi Peduli Lindungi

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dirancang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN untuk digunakan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (COVID-19). Aplikasi ini mengandalkan kepedulian (peduli) dan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

PeduliLindungi menggunakan bluetooth Anda untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi. PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak. Anda juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP.

Lindungi diri Anda dan yang tercinta dengan mengunduh PeduliLindungi.
Partisipasimu sangat berarti untuk menghentikan penularan virus corona di Indonesia.

PeduliLindungi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Silahkan Download aplikasinya ddi PlayStore atau link Berikut

Download Aplikasi PeduliLindungi 
×
Berita Terbaru Update