-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mahasiswa KKN 099 Membantu Pengabdian Dosen di Cot Keumuneng Kecamatan Sawang Aceh Utara

Tuesday, November 16, 2021 | 13:15 WIB Last Updated 2021-11-16T06:15:53Z
Aceh Utara | Mahasiswa kelompok KKN 099 membantu dosen dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pembinaan Desa Lingkungan di Gampong Cot Keumuneng, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (12/11/2021).

Kegiatan ini dilakukan oleh tim dosen yang berasal dari Prodi Pendidikan Matematika, FKIP Unimal berjumlah 5 orang, yang terdiri dari Iryana Muhammad, S.Pd.I., M.Pd, Mursalin, S.Pd., M.Pd, Marhami, S.Pd., M.Pd, Muliana, S.Pd,I., M.Pd, Mutia Fonna, S,Pd., M.Pd dan turut di bantu juga oleh kelompok mahasiswa KKN 99 yang berada di gampong tersebut. 

Tim Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh melaksanakan edukasi bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar daring menggunakan smartphone .

Mahasiswa kelompok KKN 99 yang ditempatkan di Gampong Cot Keumuneng membantu proses dan jalannya kegiatan tersebut. “Kami menyiapkan tempat, memasang spanduk dan membagikan snack kepada para peserta”, ujar Azril yang juga sebagai ketua kelompok KKN.

Dalam sambutannya, Iryana Muhammad mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kepada orang tua bagaimana mendampingi anak untuk belajar daring menggunakan smartphone.  “Orang tua kebanyakan tidak paham bagaimana dampak-dampak dari penggunaan smartphone pada anak-anak”, kata Iryana yang juga sebagai ketua tim pengabdian.

Sementara, pematerinya adalah Bapak Mursalin S.Pd M Pd yang juga merupakan anggota tim, dalam paparannya menjelaskan bahwa anak – anak perlu didampingi oleh orang tua dalam belajar agar terhindar dari penyalahgunaan smartphone. “Smartphone memiliki dampak serius bagi anak jika orang tua lalai dalam mengontrol”, jelas Mursalin

Menurut salah satu peserta menyampaikan pandangannya, “kami selama ini tidak paham bagaimana mendampingi anak-anak kami belajar daring akibat pandemic covid-19, sekarang kami sudah paham”, kata salah satu peserta.

Kegiatan ini memerikan edukasi yang baik bagi orang tua untuk mengontrol anaknya agar maksimal dalam belajar, dan juga benar-benar belajar. Kebanyakan dari anak-anak hanya menghabiskan waktu untuk main game online, atau judi online. 

“Dengan adanya kegiatan pengabdian pembinaan desa lingkungan yang digagas oleh LPPM Universitas Malikussaleh memberikan perhatian pembinaan kepada masyarakat desa-desa lingkungan unimal”. Terang Iryana selaku ketua tim.

Lanjut Iryana, “kami berharap kepada para orang tua untuk terus semangat dalam mengontrol dan mendampingi anaknya belajar daring di masa pandemik ini,” pungkas Iryana.