Notification

×

Iklan

FOTO KEGIATAN

Indeks Berita

Kisah Kezuhudan Dan Ketegasan "Abati Babah Buloh" atau (Tgk. H. Ramli Bin Cut)

Jumat, 04 Juni 2021 | 17:26 WIB Last Updated 2021-06-04T10:26:36Z
#Abati_Babah_Buloh seorang ulama kharismatik Aceh yang mendidik umat tak pernah kenal lelah dan tak pernah mengharap imbalan, beliau hidup penuh kesederhanaan walaupun beliau sangat alim dan pernah nyantri di beberapa dayah ternama di Aceh seperti Darul Ulum Tanah Mirah, Dayah Budi Lamno, Dayah Al Marif Lam Ateuk, dan Dayah Ule Titi. Namun, beliau tidak pernah merasa diri sebagai orang yang hebat dan tidak pernah merasa diri orang pintar dan tidak pernah meminta beliau diperlakukan sebagai ulama, semasih beliau sehat beliau selalu bersama para santri turun kesawah cemacah (metakan sawah), tak ateung (membersihkan sawah) dan lain-lain, beliau tidak pernah cuma komando dirangkang tanpa turun langsung. 

#Penulis 12 tahun mondok di dayah yang beliau pimpin dan selalu memperhatikan cara hidup beliau, dari sekian banyak cara hidup beliau yang perlu saya angkat adalah beliau sangat sayang kepada santri dan umat, beliau selalu memikirkan pendidikan agama masyarakat sekitar sampai-sampai beliau tak bosan-bosan mengirimkan guru-guru pengajian untuk gampong-gampong baik dalam kecamatan sawang, nisam, dan muara batu, bahkan keluar Aceh Utara jika ada orang yang memintanya.

#Beliau sangat zuhud dan sederhana, bagi yang pernah bertamu kerumah beliau maka akan menemukan beliau sering angkat air untuk tamu dengan tangan beliau sendiri, beliau tidak ingin merepotkan orang lain dalam segala hal.

#Pada tahun 2007 lalu waktu para santri se- Aceh ingin turun ke Banda Aceh dalam rangka aksi selamatkan syariat islam, penulis satu mobil dengan Abati Babah Buloh. Penulis tawarkan ke Abati untuk nginap diwisma agar Abati bisa istirahat, namun Abati menjawab; "ngak apa-apa biar kita istirahat di dayah aja (ada satu dayah dikawasan aceh besar)  disana mesaneut (enak) kita istirahat", akhirya penulis tidak berani lagi menawarkan kamar wisma, karena penulis pikir didayah itu udah ada tempat yang mantap dan layak, rupanya ketika sampai di dayah tersebut tidurnya di musalla yang sederhana, hati ini terkejut dan juga kasian terhadap Abati, tapi apa hendak dikata begitulah kesederhanaan beliau. Masih banyak sekali cara hidup beliau yang begitu sederhana yang mungkin tak cukup tinta untuk ditulis. Dan beliau juga seorang pendidik yang ikhlas dan beliau bagaikan orang tua sendiri bagi para santri, beliau bukan cuma memikirkan kebutuhan ukhrawi para santri saja, tetapi beliau juga memikirkan kebutuhan hidup para santri semampu beliau. Mencari ulama seperti beliau mungkin sangat langka apalagi di zaman fitnah ini. 

#Abati_Babah_Buloh juga ulama yang menjalankan tiga medan juang islam yaitu medan dakwah, medan hisbah dan juga medan jihad fisabilillah, beliau ulama yang tak bisa tawar menawar dengan maksiat, beliau tak pernah bosan dalam menegakkan amar ma'ruf nahi mungkar, beliau juga tak pernah diam dari menyuarakan kebenaran sampai beliau mendekati ajal, bahkan beliau mengatakan kalau ke dayah Abati jangan nakut-nakutin orang dengan masker, dan juga abati pernah mengatakan jika masjid dikawasan Abati ada pihak yang melarang orang berjamaah maka abati akan maju disaf depan untuk melawan walau harus mempertaruhkan nyawa. 

#Abati_Babah_Buloh juga seorang ulama yang sangat menghargai para ulama lain, sehingga Abati jarang sekali mengeluarkan atau memberikan pendapat dalam forum-forum ulama jika ada ulama lain yang beliau anggap lebih pantas untuk berpendapat.

#Sekarang beliau telah tiada, sudah kembali menghadap Sang Pencipta, tinggal hanyalah kenangan dan jasa, serta petuah-petuah dan keberkahan ilmu yang sempat kita cicipi semasa hidupnya. Kini kita cuma hanya bisa mengiringi dengan doa dan air mata mudah- mudahan semua jasa dan kebaikan beliau dibalas oleh Allah Swt dengan balasan yang berlipat ganda..!! Aamiin ya rabbal 'alamin..!!

#Darul_Mujahidin, 3 juni 2021.
"Tgk Muslim Atthahiri".(Abi Mujahidin).
#Copas_editor;@aslimfata_alkatiby.