-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sunday, March 15, 2020 | 12:23 WIB Last Updated 2020-03-15T05:23:09Z
*Tumbuhkan Gaya Hidup-mu Dengan Sedekah*


Pada umumnya, pemberian sedekah diidentikkan dengan pemberian sebagian harta, misalnya berupa uang atau perhiasan. Bahkan sedekah tanah untuk kepentingan umum. Intinya, tidak ada pembatasan dan tidak ada aturan mengenai berapa pun yang mau disumbangkan Meski begitu, harta bukanlah satu-satunya yang bisa disedekahkan karena masih ada beberapa jenis lainnya yang dianjurkan untuk diberikan secara cuma-cuma. Misal, sedekah senyuman,sedekah nasihat, sedekah barang dan lain sebagainya.


Sedekah  bukan hitung-hitungan matematika, dimana setiap kita mengeluarkan sesuatu maka harta kita akan berkurang. Disini justru sebaliknya. Jika kita mengeluarkan sedekah maka kita akan memperoleh kembalian dari allah berlipat-lipat jumlahnya.

Sedekah tidaklah akan membuat kita miskin. Justru semakin banyak sedekah akan semakin berlimpah rezeki dan rahmat yang dilimpahkan kepada kita. Bahkan orang dengan gemar sedekah kita akan memperoleh rezeki yang tidak disangka-sangka.

 Sebagaimana Rasulullah SAW. Bersabda, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). Meskipun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak, seperti dalam firman Allah Swt dalam Surah Al-Qu’ran Allah Swt berfirman dalam Surat Saba’ Ayat 39 yang Artinya : Katakanlah, ‘’ Sungguh,Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang dia kehendaki di antara hamba-hamban-Nya’’. Dan apa saja yang kamu infakkah, Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik.
Kekayaan tidak akan memberi arti apa-apa tanpa keberkahan.

Tak sedikit orang yang kaya tetapi hidupnya tersiksa. Anda pernah melihat orang kaya raya tapi hidup-nya penuh dengan masalah dan kesulitan ? Tapi tak sedikit pula orang sederhana yang pas-pasan, tetapi hidupnya tampak bahagia. Dengan keberkahan, berapapun harta yang kita miliki akan terasa mencukupi. Sebaliknya tanpa keberkahan, meski harta banyak tetapi tidak akan mencukupi.

Keberkahan akan datang jika bersyukur atas  nikmat yang diberikan kepada Allah Swt. Perwujudan dari rasa syukur bukan sebatas ucapan tetapi dengan perbuatan,yakni mengamalkan segala perintah allah dan menjauhi larangnya. Salah satu wuju syukur adalah dengan bersedekah.

Pesan dan tulisan saya di atas menegaskan, bahwa betapa pentingnya keberkahan dalam  rezeki yang dikaruniakan Allah Swt. Kekayaan tidak akan membawa arti tanpa keberkahan. Dengan adanya keberkahan, harta dan rezeki yang sedikit akan bisa terasakan mencukupi. Sebaliknya, tanpa keberkahan rezeki yang meskipun banyak akan terasakan sempit dan menyusahkan.

Itulah Sebabnya, agar kita di dalam menjalani hidup ini dijauhkan dari kesulitan dari kesulitan, di anjurkan untuk gemar sedekah. Sedekah memilki beberapa keutamaan bagi orang yang mengamakan. Berdasarkan hadist-hadist Nabi Muhammad Saw, Bahwa Keutaaman sedekah itu mengandung tujuh manfaat.

*(Pertama)*, mengundang datanngnya rezeki. Memberi berkah terhadap harta yang masih tinggal, menjauhkan dari bencana serta menambah keuntungan dan kesuburan. Allah swt berfirman dalam satu ayat Al-Qu’ran, ‘’ Bahwa Allah Swt akan membalas setiap kebaikan hamba-hambanya dengan 10 kebaikan.’’ Bahkan, di ayat lain dinyatakan 700 kebaikan. Khalifah Bin Abi Thalib pernah berpesan dan menyatakan, ‘’ Pancinglah rezeki dengan sedekah.’’ Rezeki tidak melulu berupa harta. Tapi rezeki yang kita bisa terima bisa dalam berbagai bentuk misalnya keluarga yang sakinah, anak-anak yang berbakti kepada orang tua, pekerjaan dan kurir yang bagus, atau apapun yang baik buat manusia, itulah yang dinamakan rezeki.

*(Kedua)*, sedekah dapat menolak bala, menjauhkan dari api neraka dan melepaskannya dari kecipikan dunia dan akhirat. Menjadi tempat bernaung di hari kiamat nanti. Rasulullah  Saw Bersabda, ‘’ Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.’’

*(Ketiga)*, sedekah dapat menyembuhkan dari berbagai penyakit. Rasulullah Saw mengajurkan, ‘’ Obatilah Penyakitkmu dengan sedekah. ‘’ Nabi Muhammad Saw dalam sabdanya, ‘’Ashaddaqu tammna’u sab’iina nau’aan min anwa’ilbalaai ahwanuhaljuzaa wabarash (Sedekah itu dapat menolak 70 macam bala dan bencana yang paling ringan di antaranya adalah penyakit kusta dan sopak).’’

*(Keempat)*, sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur. Menjadi sebab bertambahnya rezeki, pertolongan allah swt dan inayah-Nya. Menyuburkan pahala  dan menambahkannya. Kata Rasulullah Saw, ‘’ Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur.’’

*(Kelima)*, sedekah dapat mendatangkan pertolongan yang diperlukan dalam usaha yang dikerjakan. Menolak bencana serta memeilharanya dari berbagai malapetaka serta mendatangkan kebaikan diakhir ayat. Menjadi perisai (benteng) yang kuat yang dapat menangkis segala rupa malapetaka.
Karena itu para ulama menganjurkan kepada setiap muslim untuk menguapayakan bersedekah setiap hari pada awal pagi dengan apa saja. Sebab, sesuai penjelasan Rasulullah Saw, ‘’Bahwa bala tidak akan menembus benteng sedekah seorang mukmin.’’ Selain itu, dalam hadist yang lain Rasullullah Saw bersabda, ‘’ Sesungguhnya sedekah itu benar-benar dapat memadamkan panas kubur bagi pelakunya, sesungguhnya orang mukmin kelak di hari kiamat hanyalah bernaung dalam sedekahnya.’’
Di dalam bukunya ‘’ Cacatan Dari Alam Ghaib, antara lain Sayyid Abdul Husain Dasghib meunulis : ‘’ Sesungguhnya sedekah dapat menjadi perisai tubuh kita dari penyakit, selain ajal yang sudah pasti datangnya ; menjadi tameng bagi harta kekayaan kita dari marabahaya. Sedekah dapat menjadi penyelamat bagi tubuh dan harta kekayaan kita.’

*(Keenam)*, sedekah dapat meruntuhkan segala benteng setan dan mematahkan segala kekurangan mereka. Setan memang berdaya uapaya agar kita berlaku kikir. Dengan mengeluarkan sedekah, daya upaya setan menjadi runtuh.

*(Ketujuh)*, sedekah dapat mendatangkan keberkatan kepada umum ( mashlalah ummah), menghasilkan kesehatan serta menumbuhkan kerukunan, disamping menumbuhkan kerukunan, di samping menumbuhkan rasa kasih-sayang antara sesama manusia.

Dan, masih banyak lagi manfaat sedekah bagi yang menunaikannya.
Mengapa semua itu bisa terjadi ? Sebab, Allah swt mencintai orang-orang yang gemar bersedekah. Kalau Allah Swt sudah mencintai seorang hambanya, maka tidak ada persoalan yang tidak bisa di selesaikan, tidak ada permintaan dan doa yang Allah Swt tidak kabulkan, serta tidak ada dosa yang Allah Swt tidak di ampuni, dan hamba tersebut, akan meninggal dunia dalam keadaaan husnul khatimah (baik).
Kekuatan dan kekuasaan Allah Swt jauh lebih besar dari persoalan yang di hadapi manusia. Lalu, kalau manfaat sedekah begitu dahsyatnya, masih kita belum juga tergerak untuk mencintai sedekah?

Nah, di dalam tulisan  ini, Penulis ingin mengajak semua saudara-i,teman-teman dan keluarga yang dirahmati Allah Swt. Untuk mencari kebaikan/keberkahan dan ridha sisi Allah untuk mengharapkan  kelapangan rezeki yang baik, halal dan di selesaikan dari berbagai macam kesulitan kita, yaitu dengan membelanjakan harta kita di jalan Allah Swt / bersedekah/berdonasi kepada kaum duafa, anak yatim piatu dan saudara-saudara kita yang miskin dan serba kekurangan melalui GPPM Aceh (Gerakan Pemuda Peduli Masyarakat) salah organisasi di Aceh (Bireuen) yang bergerak di di bidang layanan sosial, dengan  Mengabdi kepada Allah Swt dengan  membangun ummat, Menebar kemanfaatan dan pemberdayaan di bidang, sosial, dakwah , kesehatan pendidikan dan Ekonomi.
*.*
*.*
*.*
_Penulis_ 📝  *Muhammad Haikal A.Kadir M.Yusuf*
×
Berita Terbaru Update