-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mahasiswa KKN UNIMAL 42 tanam padi metode System Of Rice Intensification (SRI) Pada Petani di Gampong Geulumpang Sulu Timur,

Thursday, November 18, 2021 | 19:15 WIB Last Updated 2021-11-18T12:15:07Z
Aceh utara,  Mahsiswa KKN UNIMAL klp. 042 Bimbingan DR. Elidar Sari, S.H., M.H. Mengenalkan pola tanam padi metode System Of Rice Intensification (SRI) kepada petani di Gampong Geulumpang Sulu Timur,
Dewantara, Aceh Utara.Rabu, 10/11/2021

Mahasiswa KKN UNIMAL memberikan pemahaman kepada petani padi Gampong Geulumpang Sulu Timur tentang metode penanaman padi pola SRI mampu meningkatkan produksi gabah sampai 11 ton/ha dibandingkan pola tanam konvfensional yang masih diterapkan banyak petani yang hanya menghasilkan 5-6 ton gabah/ha lahan.

, Kegiatan ini di ketuai oleh Sahru Purnia, Mahasiswa jurusan Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Malikussaleh, dengan bantuan teman-teman dari kelompok KKN 042, menjelaskan kepada petani bahwa budidaya tanaman padi pola SRI dapat mengurangi pemakaian zat kimia karena perawatannya lebih banyak menggunakan pupuk organik yakni sampai 10 ton/ha, sedangkan benihnya juga cukup sebanyak 7 kg/ha.

"Metode SRI minimal menghasilkan panen dua kali lipat dibandingkan metode yang biasa dipakai petani. Hanya saja diperlukan pikiran yang terbuka untuk menerima metode baru dan kemauan untuk bereksperimen. Dalam SRI tanaman diperlakukan sebagai organisme hidup sebagaimana mestinya, bukan diperlakukan seperti mesin yang dapat dimanipulasi. Semua unsur potensi dalam tanaman padi dikembangkan dengan cara memberikan kondisi yang sesuai dengan pertumbuhannya. " Ujarnya.

Geuchik Geulumpang Sulu Timur, Dewantara, Bpk. Sudirman, mendukung penuh program kerja adik-adik mahasiswa KKN UNIMAL kelompok 042 ini berjalan di desanya dan mengarsipkan kegiatan KKN ini sebagai saran bagi kelompok KKN untuk periode selanjutnya.