-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kelompok KKN 188 Unimal Ajarkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mewarnai

Tuesday, November 16, 2021 | 20:49 WIB Last Updated 2021-11-16T13:49:44Z
 Lhokseumawe | Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM K-188 Universitas Malikussaleh mengadakan lomba mewarnai di Tk Nurul Iman, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Kamis (11/11/2021).  

Mewarnai merupakan sebuah program ketrampilan yang disukai oleh anak-anak. Dan sejauh ini, telah menjadi media bagi mereka untuk memungkinkan segala imajinasi dan inspirasi tentang segala hal yang mungkin pernah disentuh atau mereka alami.

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa kelompok 188 yang tergabung diantaranya, Muhammad Muslim (Teknik Elektro), Muhammad Farhan (Teknik Kimia), Muhammad Zuhri (Teknik Sipil), Handayani Sirait (Ekonomi Syariah), Saria Indah Mayani (Sosiologi), Hema Putri (Sosiologi), Husnayani (Sosiologi), Ainil Husna (Sosiologi), Nurjannah (Sosiologi), Nurmaisinta Harahap (Teknik Elektro). Dan Kelompok tersebut di bimbing oleh Nasrianti, S.H.,M.Hum.

Lomba tersebut diadakan dalam rangka mengasah keterampilan dan melatih motorik anak-anak (proses tumbuh kembang kemampuan seorang anak). 

Mewarnai gambar dapat membantu anak-anak mengenali garis perspektif, warna, dan bentuk. Mereka juga akan belajar mengenali pola. Hal ini akan membantunya untuk memutuskan warna apa yang akan digunakan dalam gambar mereka selanjutnya. Ungkapnya nurjannah

di sela itu juga muhammad Zuhri menyatakan Aktivitas sederhana dan menyenangkan ini dapat sangat membantu perkembangan anak, sebab mewarnai mampu memicu imajinasi mereka dan memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan diri. “Keterampilan diperoleh dari kemampuan anak untuk mengolah tangan yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga semakin lama anak bisa mengendalikan serta mengarahkan sesuai yang dikehendaki. Kerapian dilihat dari bagaimana anak memberi warna pada tempat-tempat yang telah ditentukan semakin lama anak akan semakin terampil untuk menggoreskan media pewarnanya karena sudah terbiasa. pungkasnya

Kesabaran diperoleh melalui kegiatan memilih dan menentukan komposisi yang tepat sesuai pendapatnya seberapa banyak warna yang digunakan untuk menentukan komposisi warnanya. Usaha yang dilakukan secara terus-menerus akan melatih kesabaran anak”. Ungkapnya 

Kegiatan tersebut terlaksanakan dengan lancar dari awal hingga akhir kegiatan, dimana seluruh anak-anak sangat antusias dalam mengikuti lomba tersebut, dan begitu pula dengan para dewan guru yang juga ikut berpartisipasi dalam proses pelaksanaan kegiatan tersebut. Adapun manfaat dari kegiatan mewarnai yaitu: 

1. Melatih Tulisan Tangan
Si Kecil membutuhkan kekuatan tangan dan ketangkasan untuk menggunakan pensil di atas kertas. Bekerja dengan kekuatan dapat menghilangkan kemungkinan salah pegang pensil. Aktivitas seperti mewarnai kertas akan membantu mereka memegang alat tulis dengan cara yang benar dan meningkatkan serta melatih tulisan tangannya.

2. Relaksasi dan Kesabaran
Mewarnai dapat membantu Si Kecil mempelajari keterampilan kesabaran. Hal ini memungkinkan balita menjadi rileks dan nyaman saat menciptakan karya seni. Mereka dapat mewarnai bentuk dan gambar yang mereka sukai. Cara ini akan memberi anak rasa pencapaian dan kepuasan ketika mereka selesai mewarnai halaman.

3. Fokus
Fokus adalah salah satu pelajaran penting yang dapat dipelajari balita dari mewarnai. Telah terbukti bahwa anak yang menghabiskan waktu mewarnai mereka memiliki konsentrasi dan keterampilan fokus yang lebih baik.

4. Menambah Pengetahuan
Mewarnai gambar dapat membantu Si Kecil mengenali garis, perspektif, warna dan bentuk. Mereka juga akan belajar mengenali pola. Hal ini akan membantu anak anak  untuk memutuskan warna apa yang akan digunakan dalam gambar mereka selanjutnya.

5. Keterampilan Motorik
Mewarnai dapat meningkatkan keterampilan motorik pada balita. Gerakan yang terlibat dalam mewarnai seperti memegang alat dan mewarnai dengan krayon dapat membantu dalam pengembangan otot-otot kecil di pergelangan tangan, jari, dan tangannya. Keterampilan motorik halus membantu mereka menulis dan menggunakan benda. Secara tak langsung, balita akan lebih mudah menyesuaikan diri saat memulai kegiatan di sekolah.

6. Merangsang Kreativitas
Mewarnai memberi Si Kecil peluang untuk mengekspresikan sisi kreatif mereka. Seorang balita membuat dunia imajiner dalam pikirannya sebelum menggambar gambar pada lembaran
“Dengan melakukan kegiatan mewarnai dapat melatih bakat dan minat anak, juga menciptakan generasi yang berprestasi. Ungkapnya DPL Nasrianti, S.H.,M.Hum